Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Enam Peneliti Undip Masuk 2% Ilmuwan Berpengaruh di Dunia 2023

Enam peneliti Undip masuk jajaran 2 persen ilmuwan berpengaruh di duniaEnam peneliti Undip masuk jajaran 2 persen ilmuwan berpengaruh di dunia. (dok. UNDIP)

Topcareer.id – Enam peneliti Universitas Diponegoro masuk dalam jajaran peneliti dunia dalam Top 2 Percent Scientist Worldwide 2023 yang dipublikasikan oleh Stanford University dan Elsevier.

Basis data yang tersedia untuk umum berisi para ilmuwan yang paling banyak dikutip yang menyediakan informasi standar mengenai kutipan, indeks-h, indeks hm yang disesuaikan dengan penulis bersama, kutipan pada makalah dengan posisi penulis berbeda, dan indikator gabungan (skor-c).

Daftar 2 persen teratas ilmuwan di dunia ditulis oleh John PA Ioannidis dari Stanford University. Edisi ini merupakan edisi kelima dari tulisan “Updated science-wide author databases of standardized citation indicators” yang dipublikasikan oleh Elsevier pada 4 Oktober 2023.

Melansir laman resmi Undip, database tersebut mengelompokkan para ilmuwan ke dalam 22 bidang ilmiah dan 174 sub-bidang ilmiah berdasarkan klasifikasi standar Science-Metrix.

Pemilihan didasarkan pada 100.000 ilmuwan teratas berdasarkan c-score (dengan dan tanpa kutipan sendiri) atau peringkat persentil dua persen atau lebih di sub-bidang tertentu.

Baca juga: Penelitian Sebut Orang Kidal Cenderung Unggul Dalam Akademis

Keenam peneliti Undip yang masuk dalam jajaran peneliti dunia dalam Top 2 Percent Scientist Worldwide 2023 yakni:

1. Prof. Sugiharto, S.Pt., M.Sc., Ph.D. dari Fakultas Peternakan dan Pertanian dengan sub bidang Dairy and Animal Science;
2. Prof. Dr. Ir. Hadiyanto, S.T., M.Sc., IPU dari Fakultas Teknik dengan sub bidang Environmental Sciences);
3. Ir. Joko Mariyono, M.P., Ph.D. dari Fakultas Peternakan dan Pertanian dengan sub bidang Business and Management;
4. Prof. Dr. rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. dari Fakultas Teknik dengan sub bidang Materials;
5. Dr. Eng. Achmad Widodo, S.T., M.T. dari Fakultas Teknik dengan sub bidang Artificial Intelligence and Image Processing; dan
6. Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T. dari Fakultas Terknik dengan sub bidang Mechanical Engineering and Transports.

Menjadi satu dari peneliti yang masuk dalam jajaran peneliti dunia dalam Top 2 Percent Scientist Worldwide 2023, Prof Jamari selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Undip mengungkapkan kebanggaan atas rekognisi internasional dari lembaga internasional Elsevier yakni perusahaan penerbitan akademik asal Belanda yang fokus pada konten ilmiah, teknis, dan kesehatan.

Lebih lanjut Prof Jamari menyampaikan saat ini Undip masuk pada fase V (2020-2024) penguatan universitas riset yang terus mendorong peneliti untuk melakukan penelitian yang dipublish di jurnal nasional dan internasional bereputasi tinggi. Lebih jauh penelitian tersebut berdampak pada kebermanfaatan masyarakat dan kemajuan bangsa.

Leave a Reply