Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bagi yang Sudah Punya QR Code Tiket Whoosh Tak Perlu Cetak Tiket Fisik

Ilustrasi KCIC berlakukan sejumlah aturan terkait bagasi bagi penumpang Whoosh selama periode libur Lebaran.Ilustrasi KCIC berlakukan sejumlah aturan terkait bagasi bagi penumpang Whoosh selama periode libur Lebaran. (dok. KAI)

Topcareer.id – KCIC terus melakukan sejumlah sosialisasi terkait aturan penggunaan tiket fisik dan QR Code. KCIC mengingatkan, bagi penumpang kereta cepat yang sudah punya QR Code tiket Whoosh, tidak perlu lagi mengantre di mesin tiket untuk mencetak tiket fisik demi mempercepat alur penumpang.

Jadi, penumpang yang sudah memiliki QR Code Tiket bisa langsung ke area tunggu dan melakukan boarding sesuai waktu yang ditentukan.

Penumpang yang sudah membeli tiket Kereta Cepat Whoosh melalui aplikasi dan website, memang akan mendapatkan QR Code Tiket yang dapat digunakan untuk membuka gate dan melanjutkan perjalanan menuju peron.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, bagi penumpang yang tetap membutuhkan tiket fisik, pencetakan dapat dilakukan melalui ticket Vending Machine di stasiun.

Namun, kata dia, ada hal yang harus diperhatikan, jika penumpang sudah mencetak tiket fisik, maka QR Code tiket WHoosh yang dimiliki secara otomatis tidak dapat digunakan kembali karena secara sistem sudah tidak dapat dibaca, sehingga untuk melalui gate penumpang harus menggunakan tiket fisik yang sudah dicetak.

Baca juga: Tiket Laris, Jadwal Perjalanan Whoosh Ditambah Hingga 25 Per Hari

“Dengan menggunakan QR Code Tiket, penumpang tidak perlu lagi khawatir kehilangan tiket fisik yang dibutuhkan untuk gate in dan gate out di stasiun atau terburu-buru untuk hadir di stasiun untuk melakukan pencetakan tiket. Cukup scan QR Code Tiket pada gate, dan gate akan langsung terbuka dalam hitungan detik,” ujar Dwiyana.

Adapun pembelian tiket Kereta Cepat Whoosh secara online dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh Kereta Cepat, Access by KAI, Livin by Mandiri, dan web ticket.kcic.co.id. Setelah menyelesaikan transaksi, QR Code Tiket tersebut dapat dilihat pada email maupun menu tiket pada aplikasi Whoosh.

Penumpang dapat melakukan boarding paling cepat waktu 30 menit hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. Jika sudah diizinkan, penumpang dapat langsung mengantre untuk melakukan gate in dengan mengarahkan QR Code Tiket pada mesin pemindai yang terpasang di gate.

Dwiyana menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan scan QR Code tiket:

Pastikan tiket yang akan discan sesuai dengan jadwal boarding Kereta Cepat Whoosh
Pastikan penumpang melakukan scan tiket sesuai dengan nama yang tertera pada tiket
Pastikan kecerahan pada layar ponsel jangan sampai terlalu gelap
Pastikan seluruh area QR Code terlihat dengan jelas saat melakukan scan
Pastikan sinyal handphone dalam keadaan baik saat akan melakukan scan QR Code Tiket.

Sementara untuk penggunaan tiket fisik, penumpang cukup memasukkan tiketnya ke dalam slot di gate saat lampu berwarna hijau. Jika sesuai maka tiket akan keluar dari slot yang berbeda, setelah penumpang mengambil kembali tiket maka gate akan otomatis terbuka.

Leave a Reply