Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Pencarian Google Terbanyak 2023, Piala Dunia U-17 Hingga Seblak Rafael

Google umumkan Year in Search 2023, pencarian Google terbanyak sepanjang 2023 di IndonesiaGoogle umumkan Year in Search 2023, pencarian Google terbanyak sepanjang 2023 di Indonesia. (dok. Google Indonesia)

Topcareer.id – Menjelang akhir 2023 dan memasuki tahun baru 2024, memori-memori lama ‘pencarian’ pada 2023 terekam oleh Google dalam Year in Search 2023. Mulai dari KTT ASEAN, Piala Dunia U-17, Gadis Kretek hingga resep Seblak Rafael mewarnai Google Year in Search 2023.

Google mengumumkan Year in Search 2023 pada Selasa (19/12/2023), yang membagikan berbagai momen dan tren sepanjang 2023 berdasarkan penelusuran yang dilakukan masyarakat di Indonesia. Setidaknya, ada 8 kategori yang diumumkan, yakni: Mengapa, Apa, Siapa, Lirik Lagu, Resep, Film/Serial TV, Berita, Olahraga.

“Year in Search melihat apa saja topik yang trending dan menarik perhatian masyarakat Indonesia sepanjang tahun ini,” kata Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia dikutip dari siaran pers.

Dengan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan beberapa perhelatan internasional pada tahun 2023, di antaranya KTT Asean 2023 dan Piala Dunia U-17, Indonesia terus menunjukkan kepemimpinan negara dalam kancah internasional.

Pencarian seputar “jadwal Piala Dunia U-17”, “Timnas Indonesia” dan “Apa itu KTT Asean” menjadi topik yang banyak diminati masyarakat dalam upaya mendukung suksesnya beragam acara ini.

Selain itu, minat masyarakat terhadap teknologi juga meningkat, khususnya terkait Artificial Intelligence (AI), hal ini terlihat dari meningkatnya penelusuran seputar “AI” dan“Bard”.

Tidak hanya keinginan untuk memahami teknologi, tapi juga memahami cara untuk memanfaatkannya dengan baik dan benar, dimana pencarian “mengapa teknologi harus digunakan secara bijaksana” turut menjadi salah satu yang trending tahun ini.

Baca juga: History Hingga Password Manager, Ini Detail Update Google Soal Privasi

“Dan hasil tahun ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin kritis dan jeli dalam menelaah informasi, juga lebih bijak dalam menggunakan teknologi untuk mendapatkan manfaat maksimal,” ujar Feliciana.

Meningkatnya kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan selalu terlihat dari tahun ke tahun.“Pound fit”, ”crossfit”, “matras apa yang cocok buat olahraga yoga” dan “apa itu ISPA” menjadi topik yang kerap dieksplor pengguna dalam mesin pencarian Google.

Para pecinta kuliner juga antusias untuk membuat kreasi sajian favorit sendiri. Konten mukbang seblak ala Rafael Tan rupanya banyak menggugah selera para penonton sehingga kata kunci “resep seblak Rafael” menjadi salah satu topik penelusuran teratas, “Resep mochi bites”, “resep odeng” dan “resep puding lumut gula merah” juga menjadi kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna.

Tren lain yang tak kalah menarik adalah kian meningkatnya minat masyarakat terhadap hiburan dari para seniman lokal. Hal ini terlihat dari meningkatnya penelusuran terkait berbagai topik hiburan, seperti “Gadis Kretek”, “Petualangan Sherina” hingga “lirik mengenang bintang”.

Tidak hanya sekedar memilah dan menerima informasi, namun masyarakat Indonesia juga cukup kritis dalam meneliti latar belakang konten yang mereka konsumsi, salah satunya dengan melacak profil sosok yang berperan.

Penelusuran dengan keyword “Nadia Omara”, “Putri Ariani”, “Karni Ilyas” dan “Otto Hasibuan” merupakan salah satu dari pencarian terpopuler untuk kategori Siapa.

“Menyambut tahun yang baru, luangkan waktu sejenak untuk melihat ke belakang, merenungkan, dan merayakan momen yang telah terjadi dan bersama-sama tumbuh untuk melangkah lebih jauh lagi,” ucapnya.

Daftar Year in Search ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran. Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di Indonesia dan dunia dapat mengunjungi https://trends.google.com/trends/yis/2023/ID/.

Leave a Reply