Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Survei: AI Jadi Perbincangan Hangat, Tapi Dunia Usaha Masih Belum Siap

Ilustrasi tingkat adopsi AI generatif bagi dunia usaha masih belum sebanding dengan tren teknologi AI itu sendiri - artificial intelligence (AI).Ilustrasi tingkat adopsi AI generatif bagi dunia usaha masih belum sebanding dengan tren teknologi AI itu sendiri - artificial intelligence (AI).(Pexels)

Topcareer.id – Pasar kerja saat ini tengah riuh dengan kehadiran artificial intelligence (AI) yang mampu mengubah lanskap industri. Namun menurut survei terbaru, tingkat adopsi AI generatif bagi dunia usaha masih belum sebanding dengan tren teknologi AI itu sendiri.

Survei global yang dilakukan oleh MIT Technology Review Insight dan perusahaan telekomunikasi berbasis di Australia, Telstra, menyebut bahwa privasi data, regulasi, dan infrastuktur IT yang jadi hambatan utama dalam meluasnya penggunaan AI di dunia usaha.

Survei global terhadap lebih dari 300 pemimpin bisnis itu mengungkapkan bahwa hanya 9% dari mereka yang mampu menggunakan AI secara signifikan.

Meskipun sebagian besar pemimpin optimis terhadap potensi AI dan berharap dapat memperluas penggunaannya, saat ini bahkan para pengguna awal teknologi ini telah menerapkannya pada area bisnis yang terbatas.

“Ada kesalahpahaman tentang betapa mudahnya menjalankan AI generatif yang matang, kesiapan perusahaan,” kata Stela Solar, Direktur Pengukuhan Pusat Kecerdasan Buatan Nasional Australia dalam laporan survei tersebut, mengutip CNBC.

Ia menambahkan, penerapannya mungkin mengharuskan perusahaan meningkatkan kualitas dan kemampuan data, langkah-langkah privasi, keterampilan AI, dan menerapkan tata kelola AI yang aman dan bertanggung jawab di seluruh perusahaan.

“Ada elemen-elemen lain seperti desain aplikasi, koneksi ke data dan proses bisnis, kebijakan perusahaan, dan banyak lagi yang masih diperlukan.”

Baca juga: Adopsi AI Meluas, Pekerja Di Industri Ini Paling Mungkin Merasakannya

Sebagian besar pemimpin bisnis memperkirakan jumlah fungsi bisnis atau tujuan umum penerapan AI generatif akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2024.

Chris Levanes, kepala pemasaran Asia Selatan di Telstra mengatakan bahwa pengguna awal pada tahun 2023 sebagian besar telah menerapkan teknologi ini untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang dan bernilai rendah karena memerlukan lebih sedikit pengawasan manusia.

Sebanyak 85% responden memperkirakan akan menggunakan AI generatif untuk tugas-tugas bernilai rendah ini pada tahun 2024, dengan 77% berharap dapat menerapkannya dalam layanan pelanggan dan 74% untuk analisis strategis.

Inovasi produk, logistik rantai pasokan, dan penjualan adalah area lain yang berpotensi untuk diterapkan AI generatif ini.
Laporan tersebut menyebutkan beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan AI generatif secara luas pada tahun depan, khususnya sumber daya dan kemampuan TI.

Kurang dari 30% responden menilai atribut IT di perusahaan mereka kondusif bagi adopsi AI generatif secara cepat, dan mereka yang menerapkan AI generatif semakin merasa kurang percaya diri terhadap infrastruktur IT mereka untuk mendukung teknologi baru tersebut.

Sebanyak 77% responden menyebut regulasi, kepatuhan, dan privasi data sebagai hambatan utama dalam mempercepat penggunaan AI generatif. Itu tentu sebuah kekhawatiran utama bagi ekosistem AI generatif sejak teknologi ini menjadi terkenal pada akhir tahun 2022 setelah peluncuran Open AI ChatGPT populer.

Leave a Reply