Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jadi Guru Online? Terus Kembangkan 5 Keterampilan Ini

Sumber foto: blog.wiziq.comSumber foto: blog.wiziq.com

Topcareer.id – Sebagai guru online, kamu harus melakukan kegiatan yang cukup banyak dalam sehari. Mulai dari menjawab banyak pertanyaan, membuat keputusan, menawarkan saran, dan memberikan arahan.

Di balik semua kesibukan itu, para guru online juga harus tetap aktif belajar. Mengutip elearningindustry.com, Selasa (31/12/2019), berikut beberapa keterampilan yang yang harus terus dikembangkan para guru online di setiap hari.

Keterampilan komunikasi
Sebagian besar komunikasi akan terjadi secara online. Kamu secara otomatis beradaptasi dengan kurangnya isyarat visual yang dapat menjebak komunikator yang kurang terampil. Kamu harus mengontrol bahasa, nada, dan gaya untuk memastikan siswa mendengarmu dengan jelas dan tepat sasaran.

Baca juga: Guru Ngaji Sampai Pemandi Jenazah di Tangsel Dapat BPJS Ketenagakerjaan

Belas asih dan empati
Dalam lingkungan virtual, siswa online sering kali merasa lebih mudah untuk menceritakan tentang hambatan belajar mereka. Bisa saja kamu mendapati siswa yang menyampaikan informasi pribadi. Di sinilah kemampuan kamu untuk berbelas kasih dan berempati diuji.

Kesabaran
Guru online telah secara efektif mendaftar untuk kursus pembelajaran seumur hidup yang tidak pernah berakhir. Saat kemampuan kamu untuk bersabar berkembang, kamu akan lebih mudah untuk lebih lembut dengan siswa. Terkadang siswa online sangat cemas atau kewalahan, sehingga mereka benar-benar tidak paham. Penjelasan dengan sabar disertai contoh terkait bisa membantu mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Keahlian pada setiap subjek
Saat kamu mengajarkan suatu topik, keahlianmu di bidang itu secara otomatis akan meningkat. Karena itu, perbanyaklah membaca atau berinteraksi dengan orang-orang yang kamu ajar.

Baca juga: Trik Jadi Guru yang Baik bagi Siswa Namun Tetap Profesional

Manajemen waktu
Selama berkarier di ranah ini, kamu bisa mengembangkan teknik untuk menangani tekanan waktu tanpa menyadarinya. Setiap kali kamu panik, tarik napas dan ingat bahwa semuanya akan bisa diselesaikan. Biasakan untuk memprioritaskan dan mendapatkan item-item paling penting pada daftar agenda mengajarmu.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply