Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Hei Startup, Pilih Inkubator atau Akselerator? Cari Tahu Bedanya

Ilustrasi startup. Sumber foto: PixabayIlustrasi startup. Sumber foto: Pixabay

Modal investasi

Inkubator tidak secara tradisional menyediakan modal untuk startup dan biasanya didanai oleh universitas atau organisasi pengembangan ekonomi. Mereka juga biasanya tidak mengambil saham ekuitas di perusahaan yang mereka dukung.

Akselerator benar-benar menginvestasikan sejumlah modal khusus dalam startup sebagai pertukaran untuk persentase ekuitas yang telah ditentukan. Karena investasi ini, akselerator memikul tanggung jawab yang lebih besar dalam keberhasilan startup.

Mana yang Baik?

Menurut Richard Dale, anggota komite dari Sydney Angels, ketika mempertimbangkan akselerator atau inkubator, penting untuk melihat rekam jejaknya, dan menentukan apakah ada bukti lulusan yang berhasil.

Begitu juga dengan kualitas mentor, relevansi pengalaman, keahlian mereka dengan industri, dan jenis bisnismu. Semua hal itu akan sangat memengaruhi kesuksesanmu, jadi ini juga perlu dipertimbangkan.

“Akhirnya, tanyakan pada dirimu, apa yang saya dapatkan untuk uang saya, dan ekuitas saya? Pakar, modal kerja, dan bantuan khusus domain praktis; atau buku belajar, biaya, serta saran dan layanan umum?”

Ia menambahkan, relevansi jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini akan bervariasi untuk tiap startup. Jadi sangat penting untuk memahami apa yang kamu butuhkan agar berhasil sebelum mengikuti program incubator atau akselerator.

Baca juga: 4 Perusahaan Startup Besar Ini Bangkrut

Sementara menurut Ketua Growth Builder, Ben Fletcher, akselerator mungkin bisa jadi cara yang brillian, tetapi mereka pasti berbeda dalam hal output, fokus, dan juga kualitas dalam beberapa kasus.

“Akselerator top menarik perusahaan terbaik dan mentor terbaik, tapi saya tidak yakin. Tidak semua akselerator memberikan manfaat yang sama.”

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply