4. Buat komunikasi menjadi ringkas dan jelas
Secara umum, menjaga komunikasi dengan singkat adalah cara yang bagus untuk menjaga efisiensi dan profesionalisme, terutama ketika obrolan atau email melibatkan sekelompok besar rekan kerja. Jika kamu benar-benar memiliki banyak hal untuk dikatakan, ubah konteksnya.
5. Kata pembuka dan penutup untuk hargai kondisi saat ini
Tergantung pada hubunganmu dengan orang yang kamu ajak bicara, pembukaan dan penutupan informal mungkin sangat tepat. Untuk menjaga korespondensi lebih formal, cobalah “Selamat pagi/siang/malam” sebagai pengantar aman dan akhiri catatan dengan “Salam, atau Dengan hormat.” Dalam kondisi saat ini, “Tetap sehat” juga merupakan pilihan yang dapat diterima.
6. Periksa ulang pesan
Pertimbangkan bahwa 38% orang Amerika yang disurvei setuju bahwa balasan yang ditulis dengan buruk meninggalkan kesan buruk. Kamu mulai memahami mengapa perlu menghabiskan beberapa detik ekstra untuk mengoreksi pesan sebelum mengklik ‘Kirim.’
Apakah kamu mengekspresikan diri dengan jelas? Sudahkah kamu meluangkan waktu sejenak untuk memeriksa tata bahasa, pengejaan, dan tanda baca? Jika demikian, kamu menunjukkan rasa hormat terhadap waktu dan kecerdasan orang yang kamu ajak bicara, itulah etika.
Editor: Feby Ferdian