Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ungkap Makna Ekspresi Manajer Saat Meeting Video

foto ilustrasi

Topcareer.id – Meeting lewat video atau video conference jadi hal paling penting dalam pekerjaan di masa-masa pandemi ini karena sebagian besar dari kita melakukan pekerjaan dari rumah. Ya, meeting lewat video mungkin jauh lebih impersonal daripada bertemu tatap muka secara tradisional.

Tapi memperhatikan ekspresi wajah dan tingkah laku menajer selama konferensi video dapat mengungkap informasi yang tak terucap tentang apa yang ia pikirkan.

Membaca ekspresi wajah membutuhkan latihan. Misalnya, manajermu mungkin salah satu dari orang-orang yang selalu tersenyum, jadi senyuman saat konferensi video mungkin tidak mengindikasikan kebahagiaan.

Baca juga: Trik Memasak Lebih Cepat di Sela Kerja dari Rumah

American Psychological Association mengatakan bahwa ada dua tipe dasar ekspresi: ekspresi makro – yang biasanya bertahan hingga 4 detik, dan ekspresi mikro, yang kebanyakan dari kita hanya mengekspresikan selama 1/30 detik. Mereka cepat dan mudah untuk dilewatkan.

“Ekspresi mikro adalah tanda-tanda emosi yang tersembunyi,” tulis APA, dikutip dari The Ladders.

Bosmu mungkin kesal ketika:

Alis mereka diturunkan atau disatukan, atau otot-otot wajah lainnya menegang. Mereka mungkin juga menggerakkan kepalanya ke depan dan ke belakang (dalam posisi “tidak”). Rahang sangat sering diturunkan dan bibir ditekan bersama untuk membentuk garis lurus, atau terkadang tepi bibir turun.

Beberapa manajer secara tidak sengaja akan menaikkan satu sisi mulut mereka, dan yang lain mungkin menampilkan setengah senyum, hampir dengan nada sarkastik. “Uh huh …”, menunjukkan bahwa mereka tidak percaya dengan apa yang kamu katakan. Selain itu, segitiga mungkin terbentuk di antara alis, tetapi ini juga bisa menunjukkan kebingungan daripada kemarahan atau kesedihan.

“Saya juga menemukan bahwa beberapa manajer akan gelisah dengan tangan mereka atau memindahkan tangan mereka ke belakang kepala atau leher mereka ketika mereka tidak sabar atau tidak nyaman dengan situasi tersebut,” tulis Steve Adcock, penulis keuangan dan kesehatan mental.

Bosmu mungkin senang ketika:

Jika manajermu adalah ‘si tukang senyum’, maka jangan anggap sebagai indikasi otomatis bahwa ia bahagia. Sebagai gantinya, amati ekspresi terkait kebahagiaan lainnya, seperti gigi terbuka selama senyum atau sudut bibir yang mengarah ke atas di ujungnya, seringkali dengan cara simetris.

Percaya atau tidak, senyuman asli membutuhkan penggunaan lebih banyak otot wajah, terutama di sekitar mata, dan senyum asli akan mengungkapkan lebih banyak garis dan lipatan. Dan jika bibir bosmu terangkat saat kamu berbicara, ada kemungkinan dia senang dengan apa yang kamu katakan.

Dan, pipi yang terangkat sangat sering menunjukkan senyum yang sah, seperti halnya lipatan kulit vertikal yang tajam antara hidung dan tepi mulut. Selain itu, sedikit tawa, cekikikan, atau anggukan juga dapat menunjukkan kebahagiaan sejati, terutama jika manajermu biasanya tidak tertawa atau terkikik.

Bosmu tidak memiliki komitmen terhadap emosi ketika:

Jika bosmu memiliki wajah poker yang kuat, maka dia mungkin menunjukkan emosi yang cukup netral tetapi masih mengungkapkan ekspresi mikro yang dapat dengan mudah diamati oleh pengamat yang cerdik.

Misalnya, reaksi terkejut sering kali merupakan emosi netral sampai lebih banyak informasi diketahui. Jadi, jika kamu mengejutkan bosmu, itu tidak berarti bahwa itu buruk. Terlihat terkejut sering termasuk kelopak mata dan alis yang melebar atau terangkat. Atau, beberapa orang menggabungkan alis terangkat yang biasanya menjadi kerutan. Dan, mulut biasanya akan terbuka sedikit.

Jika reaksi terkejut termasuk sedikit memiringkan kepala atau lebih dari bahu yang acuh tak acuh, maka atasanmu mungkin tidak yakin bagaimana harus bereaksi atau mungkin bahkan menahan emosi yang kurang positif. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply