Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Tidur Malam Berkualitas

Sumber foto: shutterstock.com

Topcareer.id – Tidur merupakan aktivitas penting bagi setiap orang, mulai dari dewasa hingga anak-anak harus mendapat waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Peningkatan jumlah studi tentang tidur semakin menyadarkan akan pentingnya tidur. Orang-orang sekarang menjadikan tidur sebagai prioritas.

Untuk menciptakan aktivitas tidur malam yang nyenyak, ada beberapa hal harus kamu perhatikan di lingkunganmu. Inilah hal teratas yang harus dipertimbangkan.

1.Suhu kamar
Kamar yang terlalu panas, atau dingin dan berangin dapat berdampak serius pada kualitas tidur kamu. Panas tubuhmu memuncak di malam hari dan kemudian turun ke level terendah ketika kamu tidur, jadi suhu sejuk sekitar 18-22° C untuk malam hari dianggap sebagai suhu ideal di kamar tidur.

Baca juga: Kurang Tidur Bisa Sebabkan Memori Otak Sulit Bekerja Baik

2. Pencahayaan
Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kegelapan paling baik untuk tidur? Ketika melihat cahaya, tubuh akan menganggap sudah waktunya untuk bangun. Saat gelap, tubuh melepaskan melatonin yang membuat tubuh rileks dan membantumu tertidur.

3. Kenyamanan
Tempat tidur sejauh ini merupakan elemen terpenting dari istirahat malam yang nyenyak. Hampir tidak mungkin untuk tidur nyenyak dan efektif di atas ranjang tua yang tidak nyaman. Kasur yang kurang nyaman cenderung membuatmu bangun dengan lelah dan pegal.

Pilihlah kasur terbaik untuk kamu. Ketika kita tidur, disarankan agar mempertahankan postur yang baik. Kasur yang terlalu lunak akan menyebabkan tubuh membungkuk, sedangkan kasur yang terlalu keras dapat memberikan tekanan pada pinggul dan bahu kita.

Baca juga: Minuman yang Sebaiknya Kamu Konsumsi dan Hindari Sebelum Tidur

4. Gadget
Kamar tidur adalah tempat untuk istirahat, relaksasi, dan keintiman. Sayangnya, banyak orang menganggap kamar tidur sebagai perpanjangan dari ruang keluarga dan ruang kerja. Dan dengan mudahnya memasukkan gangguan digital ke dalam kamar.

Meskipun tidak ada yang salah dengan menonton film, bermain game atau menjawab email, tugas-tugas ini tidak boleh diselesaikan di tempat tidur.

5. Kebisingan
Tak perlu dikatakan bahwa suara keras, tiba-tiba atau berulang dapat mengganggu tidur. Salah satu cara terbaik untuk memerangi ini adalah dengan memasang peredam suara pada dinding kamar. Atau jika itu terlalu mahal, kamu dapat menggunakan penyumbat telinga.

6. Relaksasi
Langkah terakhir dalam menciptakan lingkungan tidur yang sempurna adalah membuatnya rileks. Bersantai dengan minuman hangat, susu atau teh herbal, merupakan alternatif yang baik. Kamu juga bisa memainkan musik yang lembut dan menenangkan. Semua kegiatan ini akan menempatkanmu dalam kerangka berpikir yang benar untuk tidur. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply