Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Gunakan Hidrogen, Mobil Ini Mampu Melaju Lebih dari 1.000 Kilometer

Sumber foto: thetop10news.com

Banyak perusahaan mobil, termasuk Honda, Toyota, Hyundai dan General Motors, telah memproduksi kendaraan berbahan bakar hidrogen untuk tujuan penelitian atau untuk dijual dalam jumlah kecil.

Tetapi, kini teknologinya mulai mendapatkan lebih banyak dukungan. Pembuat truk start up, Nikola, misalnya, berencana menjual truk semi dan pickup bertenaga hidrogen.

Tantangan terbesar yang dihadapi mobil bertenaga hidrogen adalah pengisian bahan bakar. Dibandingkan dengan bensin atau listrik, hanya ada sedikit infrastruktur hidrogen di Amerika. Stasiun pengisian umum untuk mobil listrik jauh lebih banyak daripada stasiun pengisian hidrogen.

Hidrogen adalah unsur pertama dan paling sederhana di tabel periodik. Tidak berwarna dan tidak berbau, ia hanya memiliki satu proton di pusatnya dengan satu elektron mengelilinginya.

Meskipun merupakan unsur paling banyak di alam semesta, hidrogen tidak secara alami ada dengan sendirinya. Sebelum dapat digunakan sebagai bahan bakar, hidrogen harus dipecah dari molekul air, gas alam, atau zat lainnya. Itu biasanya dilakukan dengan menggunakan listrik untuk memisahkan molekul yang lebih besar. Energi kemudian dilepaskan di dalam mobil saat hidrogen bergabung lagi dengan oksigen.

Keuntungan utama hidrogen adalah, ketika memompa tangki yang penuh dengan hidrogen, hanya membutuhkan waktu lebih sedikit daripada mengisi baterai. Kamu cukup menghabiskan tiga hingga lima menit untuk mengisi tangki di XP-1 guna perjalanan sejauh 1.600 km.

Gas hidrogen juga tidak mengalami keausan dan degradasi seperti halnya baterai, terutama saat terisi cepat, kata Kafantaris. XP-1 memang memiliki baterai yang bertindak sebagai penyangga untuk menyimpan listrik yang dihasilkan oleh sel bahan bakar, tetapi jauh lebih kecil daripada baterai yang digunakan pada mobil listrik.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply