Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Gaji Kecil Bukan Alasan Malas Menabung, Begini Caranya!

Ilustrasi (Dok. AIM)

Topcareer.id – Salah satu cara supaya kaya harus rajin menabung bukan? Tapi bagaimana bila gaji atau penghasilan kita kecil dan cuma pas-pasan untuk bertahan hidup? Apakah mustahil menabung?

Sebenarnya perkara menabung bukan soal banyaknya sisa uang atau tidak, melainkan kemauan kita untuk menyisihkan uang berapapun itu. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Kalau langsung banyak namanya menang undian dong!

Nah makanya berapapun gaji kita, kalau masih kesulitin untuk menabung, simak tipsnya!

Catat pengeluaran sekecil apapun
Kenapa harus mencatat pengeluaran sekecil apapun itu? Tentunya supaya kita bisa mereview apakah pengeluaran-pengeluaran kita tersebut bermanfaat atau tidak. Apalagi pengeluaran-pengeluaran kecil, bila sering jatuhnya akan banyak juga kan?

Buat skala prioritas
Setelah memiliki catatan pengeluaran tadi, saatnya mereview mana saja yang memang tidak bisa tidak dikeluarkan, mana yang bisa dipangkas, dan lain sebagainya. Sisanya bisa untuk menabung!

Tentukan anggaran
Meski penghasilan kita kecil, tidak ada salahnya menyisihkan jumlah tetap setiap bulannya. Baik 10 persen atau berapapun, yang penting tidak sama sekali tidak. Dengan begitu kita tidak akan berhenti menabung.

Tentukan tujuan
Supaya semangat, tentukan lagi apa tujuan kamu menabung. Hendak membeli motor baru, untuk kuliah anak, membeli rumah? Bayangkan hasil tabunganmu nanti dan hal yang akan tercapai!

Buka program tabungan otomatis
Bila merasa gajimu selalu terpakai hingga tak tersisa, sebaiknya segera membuka program tabungan otomatis yang banyak ditawarkan bank. Dengan itu, penghasilan setiap bulan yang masuk rekening akan otomatis dipotong untuk tabungan. Tak ada alasan lagi untuk tidak menabung bukan?**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply