Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Terobosan Kuburan Pintar, Sediakan Video hingga Biografi di Setiap Nisan

Dok/TRT World

Topcareer.id – Dengan satu pemindaian QR code di sebuah nisan, orang sekarang dapat menonton video dan membaca biografi seseorang yang beristirahat di makam tersebut.

Proses menurunkan jenazah ke dalam liang lahat merupakan sesuatu yang tidak berubah selama berabad-abad, namun dengan adanya nisan berkode QR, pengalaman memperingati orang yang telah meninggal tentunya kini berbeda.

Pengusaha Turki, Mehmet Cetin, telah memulai idenya di Antalya, sebuah kota resor Turki. Ia mengubah beberapa makam menjadi kuburan pintar (Smart Grave).

Seseorang sekarang dapat mengakses informasi pribadi orang yang meninggal beberapa detik setelah memindai kode QR di nisan.

Perusahaan Cetin, Antalya Grave Maintenance and Tomb Construction, memperbarui kuburan dengan resume, silsilah keluarga, foto, klip video, dan doa Alquran.

“Saya telah bekerja di perawatan kuburan dan konstruksi batu nisan selama 12 tahun. Kerabat dan teman orang yang meninggal biasanya datang kepada kami meminta untuk menempatkan doa, puisi, dan gelar orang yang meninggal dalam bahasa Arab atau Turki,” kata Cetin kepada TRT World.

“Di sisi lain, beberapa akan meminta untuk menempatkan gambar jiwa yang telah meninggal di nisan. Pekerjaan ekstra semacam ini umumnya merupakan pemborosan biaya,” tambahnya.

“Jadi saya datang dengan ide kuburan berkode QR yang lebih murah dan lebih mudah dioperasikan untuk pelanggan dan perusahaan kami.”

Menurut Cetin, dengan cara ini generasi muda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang leluhur mereka.

Kenangan dan cerita akan terus hidup selamanya di keluarga dengan bantuan kode QR yang ada di batu nisan.

Ketika seseorang meninggal, foto mereka biasanya hilang atau berubah bentuk seiring waktu. Berkat sistem QR Code ini, gambar, kenangan, cerita, video dapat disimpan selama bertahun-tahun.

Baca juga: Delivery Club Rusia Luncurkan Tato QR Code Untuk Akses Masuk Restoran

Selain itu, kerabat, teman, dan keluarga orang yang meninggal dapat mengirim pesan kepada orang yang meninggal melalui aplikasi seluler.

Aplikasi ini juga akan membantu orang untuk menemukan kuburan. Akun media sosial kuburan ini dapat diunggah dan orang dapat menulis upeti dalam sebuah buku e-peringatan yang dapat dienkripsi atau tidak terenkripsi.

Cetin optimis tentang masa depan perusahaannya karena dia sudah dalam proses pemberian waralaba di Turki dan juga mengincar pasar internasional.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan