Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ditanya Alasan Resign Atau Ninggalin Pekerjaan Saat Interview? Begini Jawabnya

Ilustrasi resign. Sumber foto: thehrdepartment.ieIlustrasi resign. Sumber foto: thehrdepartment.ie

Topcareer.id – Hal yang biasa jika kamu resign, meninggalkan perusahaan untuk beralih ke perusahaan, pekerjaan lain atau berbisnis. Ada banyak alasan untuk meninggalkan pekerjaan. Ketika kamu perlu pindah ke pekerjaan yang berbeda, bagaimana kamu harus menjawab pertanyaan interview untuk alasan resign?

Mengutip The Ladders, wajar bagi perusahaan untuk menanyakan alasan mereka meninggalkan pekerjaan. Mereka melakukannya karena itu memberi mereka gambaran tentang karyawan seperti apa yang akan mereka dapatkan.

Jika kamu pergi karena alasan yang sah, itu memberi majikan ketenangan pikiran mengetahuimu tidak bertingkah. Mereka tidak ingin mempekerjakan seseorang yang mungkin pergi secara tiba-tiba atau tanpa alasan yang jelas.

Jadi, bagaimana menangani pertanyaan tentang mengapa kamu meninggalkan pekerjaan?

Kamu resign untuk karier baru

Mengubah karier adalah langkah besar, tetapi itu tidak pernah terdengar. Beberapa orang mungkin belajar sambilan sementara mereka bekerja paruh waktu dan kemudian siap untuk mengejar karier mereka.

Orang lain mungkin memutuskan suatu hari bahwa mereka siap untuk mengikuti kata hati mereka dan mengejar karier yang mereka cintai. Kamu dapat menjelaskannya dengan tepat seperti itu jika itu adalah situasimu.

Kamu resign untuk kesempatan yang lebih baik

Kamu mungkin resign karena pekerjaan yang kamu jalani tidak memiliki tempat lain untuk kamu tuju. Atau kamu mungkin telah menemukan pekerjaan yang lebih potensial untuk berkembang.

Kamu dapat mengatakan ini dengan menyoroti semua hal yang kamu capai dalam pekerjaan sebelumnya dan bagaimana posisi baru itu merupakan perkembangan alami untuk memanfaatkan keterampilanmu.

Baca juga: 4 Alasan Psikologi Kenapa Orang Masih Aja Ngikutin Bos Toxic

Kamu resign karena alasan pribadi

Semua orang mengerti bahwa terkadang kehidupan pribadi dan pekerjaan kita bisa bertabrakan. Seseorang mungkin menikah dengan seseorang di kota lain dan pindah. Atau mereka mungkin menginginkan jenis pekerjaan yang tidak terlalu membuat stres karena kesehatan atau keluarga.

Ini adalah alasan yang sah untuk meninggalkan pekerjaan. Namun, pastikan kamu tidak terlihat merengek atau bertingkah seperti korban. Tidak ada yang mau mempekerjakan seseorang yang mereka pikir akan memiliki masalah kronis.

Kamu pergi dari perusahaan karena diberhentikan

Alasan ini mungkin yang paling mudah untuk dijawab karena benar-benar di luar kendali. Diberhentikan tidak ada hubungannya dengan keterampilan atau kemampuanmu. Perusahaan melakukan PHK sepanjang waktu.

Kamu pergi dari perusahaan karena dipecat

Dipecat jelas merupakan alasan paling menantang yang mungkin harus kamu jelaskan kepada perusahaan. Cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan terus terang tetapi singkat tentang aspek pemecatan.

Kemudian jelaskan apa yang telah kamu pelajari dari pengalaman tersebut. Dengan begitu, atasan akan melihat bahwa kamu jujur dan mau belajar dari kesalahan.

Leave a Reply