Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Satu Alasan Kamu Belum Sesukses Seperti yang Kamu Inginkan, Menurut Ahli

Sumber foto: unitededucationgroup.com

Topcareer.id – Untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan, kadang seseorang harus membangun kebiasaan menuju kesuksesan tujuan tersebut. Tapi, tiap orang punya masing-masing cara hingga memperoleh motivasinya. Dan Pakar Kebahagiaan ini tahu alasan kenapa kamu tidak bisa mencapai kesuksesanmu.

Peneliti Kebahagiaan sekaligus penulis buku laris “The Four Tendencies”, Gretchen Rubin mengatakan, kebanyakan orang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menguji perilaku dan rutinitas baru sebagai cara membangun kebiasaan atau mencapai tujuan.

Ia bisa tahu alasan kenapa orang malas berolahraga, misal jika itu dianggap sebagai tujuan kesuksesan.

Untuk bisa sukses, Rubin merekomendasikan hal sebaliknya, yakni fokuslah pada motivasi yang kamu tahu telah berhasil untukmu sebelumnya.

“Sering kali ketika orang ingin melakukan perubahan, mereka ingin membuat atau menghentikan kebiasaan. Mereka ingin melakukan sesuatu karena itu berhasil untuk teman baik mereka atau mereka membaca artikel tentang itu. Mereka tidak memperhatikan apa yang membuat mereka berhasil di masa lalu,” kata Rubin dikutip dari laman CNBC Make It.

Rubin mengatakan, jika rekan kerja telah membantu kamu bertanggung jawab secara sosial untuk proyek kerja kelompok di masa lalu, menemukan teman gym dapat membantumu tetap pada latihan tersebut, misalnya.

Jika kamu biasanya membaca ulasan online untuk menemukan bar yang sempurna untuk happy hour terdekat, kamu mungkin ingin mengambil pendekatan yang sama untuk mengetahui rutinitas olahraga idealmu.

Logika yang sama berlaku untuk hampir semua masalah, kata Rubin. Jika kamu berjuang untuk mendapatkan promosi, pikirkan tentang bagaimana kamu mencapai kesuksesan di bagian lain hidupmu — dan coba terapkan taktik tersebut ke tempat kerjamu.

Baca juga: Buat Para Bos, Karyawan Nggak Semangat Kerja? Mungkin Ini Alasannya

Dengan kata lain, triknya adalah mencari tahu apa yang memotivasi dirimu dan menerapkannya dalam berbagai situasi sehingga tidak ada alasan yang mengganggu. “Orang yang paling sukses adalah mereka yang telah menemukan apa yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan mereka,” kata Rubin.

Dalam bukunya, dia menguraikan empat jenis orang, yang masing-masing memiliki motivasi yang sedikit berbeda:

Upholder: Ia menjelaskan mereka berorientasi pada tugas dan didorong untuk menyelesaikan tujuan mereka — tidak peduli siapa yang menetapkannya. Mereka dapat menulis di jurnal bahwa resolusi Tahun Baru mereka adalah pergi ke gym empat kali seminggu, dan kemudian mereka benar-benar melakukannya.

Obliger: Terkadang dikenal sebagai people pleaser, didorong oleh disiplin sosial, kata Rubin. Mereka mungkin perlu mencari kelompok atau teman lari agar merasa termotivasi.

Questioner: Mereka menggunakan penelitian atau pembenaran untuk memotivasi diri mereka sendiri: Mereka akan pergi ke gym, tetapi hanya setelah menghabiskan berjam-jam memutuskan latihan mana yang akan memberikan hasil terbaik.

Rebels: Mereka tidak akan melakukan sesuatu hanya karena seseorang menyuruh mereka, kata Rubin. Mereka bahkan mungkin tidak mendengarkan diri mereka sendiri. Sebaliknya, mereka didorong oleh identitas: Jika mereka yakin bahwa mereka adalah seorang pelari, mereka akan lari.

Memahami apa yang memotivasi dirimu itu penting: Kesadaran diri berkorelasi langsung dengan kesuksesan karier, dan umum di antara “individu berkinerja tinggi,” saran penelitian psikologi.

Kesadaran diri secara bersamaan dapat membantu melindungi dirimu dari stres dan kelelahan, kata pakar ilmu saraf dan psikologi.

Leave a Reply