Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ciptakan SDM Kompeten, Menaker: Sudah Saatnya Industri Film Terapkan SKKNI

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menerima Komite Film Nasional Indonesia.Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menerima Komite Film Nasional Indonesia. (dok. Kemnaker)

Topcareer.id – Pesatnya perkembangan industri film Indonesia memerlukan dukungan Sumber Daya Manusia atau SDM yang kompeten dan dalam jumlah yang banyak, menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Menurut Menaker Ida, untuk menciptakan SDM berdaya saing dan kompeten tersebut, sudah saatnya perfilman di Indonesia menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

“SKKNI Perfilman sebagai salah satu bentuk upaya meningkatkan mutu dari perfilman Indonesia,” kata Menaker Ida Fauziyah saat menerima Komite Festival Film Indonesia Periode 2021-2023, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Program Pelatihan Wirausaha Kemnaker Terbuka Untuk UMKM, Cek Link Daftar

Lebih lanjut Menaker Ida Fauziyah menyampaikan bahwa SKKNI Perfilman memiliki peran strategis dalam merancang program pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi.

“Ini dimaksudkan agar pendidikan dan pelatihan tenaga kerja di industri film dapat dilakukan secara efektif dan efisien,” ujar dia.

Menaker Ida menekankan, SKKNI Perfilman memberikan acuan dalam penyusunan metode uji kompetensi, “Sehingga pelaksanaan uji dan sertifikasi kompetensi pekerja industri perfilman dapat dilakukan dengan obyektif,” tandas Menaker Ida.

Leave a Reply