Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Sekali Potret, Fotografer Bawa Peralatan Harga Puluhan Juta Rupiah

Flash

Tidak sah rasanya kalau pemotretan tak dilengkapi dengan peralatan pendukung pencahayaan yang bagus. Jika pemotretan dilakukan untuk tempat-tempat yang sederhana atau berada di dalam ruangan, Charles mengaku cukup membawa beberapa flash.

“Kebutuhannya foto arisan atau di kafe misalnya, saya cuma butuh flash kebetulan ada 2 tipe, V860 dari Godox, dan Godox V350. Itu cuma beda besaran kekuatan. Kalau saya tahu tempat ini misalnya special, ya saya bawa yang besar. Kalau iseng-iseng doang saya bawa yang kecil karena lebih ringkas,” papar Charles.

Terkait harga kedua flash itu, yakni Rp2 jutaan untuk Godox V350, sementara untuk yang lebih besar (V860) sekitar Rp2,5 juta. Untuk satu kali pemotretan ia bisa membawa yang seharga Rp2 juta atau yang Rp2,5 juta tergantung dari kebutuhan pemotretannya seperti apa.

Dok. Shutterstock

Mobile light

Tak jarang untuk foto-foto komersial dan pemotretan di luar ruangan (outdoor), Charles bukan lagi menggunakan flash, namun membawa mobile light. Charles menyebut mobile light sebagai lampu studio yang dibuat simple sehingga bisa dibawa ke mana-mana alias mobile.

“Kalau proyek atau foto komersial atau buat potoforlio, atau saya dibayar orang, saya bawa peralatan lighting dong 1 tas besar. Saya bawa yang namanya mobile light,” ucap laki-laki yang sempat bekerja di industri properti ini.

Untuk mobile light, ia lebih sering membawa dua jenis yang berbeda demi memperoleh hasil foto yang wah. Mobile light yang biasa ia bawa, yakni godox AD600 Pro dan Godox AD200, yang masing-masing dibanderol dengan harga kisaran Rp10 jutaan dan Rp5 jutaan.

Kedua mobile lighting ini bisa saja ia pakai untuk pemotretan outdoor di mana membutuhkan intensitas cahaya yang kuat. Bisa juga untuk pemotretan di studio, kembali lagi tergantung kebutuhannya. Tapi setidaknya ia mambawa minimum dua mobile light.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply