Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Melatih Diri agar Tak Kebanyakan Menyentuh Wajah

Ilustrasi. (dok. Science Alert)

Topcareer.id – “Jangan terlalu sering menyentuh bagian wajah.” Itu imbauan yang sering kita dengar dalam masa pencegahan penularan virus corona COVID-19. Meski sulit, dan memang ada alasan mengapa kita selalu menyentuh bagian wajah, setidaknya berusahalah untuk menguranginya.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu menjaga tangan dari wajah, menurut L. Kevin Chapman, psikolog klinis dan pendiri dan direktur Kentucky Center for Anxiety and Disorders Related, berdasar laman CNBC.

1. Ubah pemikiranmu

Chapman mengatakan, kamu akan lebih cenderung mengubah kebiasaan ketika kamu membiarkan pikiran lebih fleksibel daripada malah memikirkan risiko atau hukumannya.

Jadi, daripada berpikir, “jangan menyentuh wajahmu,” kamu harus mengatakan pada diri sendiri, “Saya akan lebih sadar menyentuh wajah saya hari ini.” Kamu bahkan dapat mengatur pengingat dengan pesan itu di telepon untuk berbunyi setiap beberapa jam.

“Jika kamu melakukannya secara konsisten, dirimu memprogram otak untuk membuat pemikiran itu menonjol, dan karena itu kamu jadi lebih berhati-hati untuk tidak melakukannya,” katanya.

Ketika tak sengaja menyntuhnya, gunakan itu sebagai alasan untuk mencuci tangan dan mulai lagi.

Baca juga: Cegah Corona: Hindari Menyentuh Wajah, Tapi Bisakah?

2. Alihkan perhatianmu

Cara paling jelas untuk mengekang sentuhan wajah adalah apa yang disebut Chapman sebagai “teknik pengalih perhatian.” Seperti memegang perhiasan kecil ketika kamu terdesak untuk menyentuh wajah.

Misalnya, kamu mungkin ingin menyimpan  mainan kecil atau bola stres di dekat meja untuk bermain ketika kamu stres atau hanya perlu melakukan sesuatu dengan tanganmu.

Penelitian lain tentang perilaku berulang yang berfokus pada tubuh (seperti gangguan menarik rambut) menunjukkan bahwa hanya mengepalkan tangan selama satu menit dapat membantu menahan keinginan.

Baca juga: Alasan di Balik Sulitnya Berhenti Menyentuh Wajah

3. Gunakan aksesori secara strategis

Beberapa orang yang memiliki rambut panjang mungkin merasa lebih tergoda untuk menyentuh wajah mereka. Chapman menyarankan agar rambutmu dikuncir untuk mencegahmu bermain dengan rambut. Mungkin juga bermanfaat untuk mengenakan kacamata agar kamu tidak menyentuh mata.

“Demikian pula, mengenakan segala jenis sarung tangan dapat mencegah menyentuh wajahmu. Tetapi mereka tidak membebaskanmu dari keharusan mencuci tangan untuk pencegahan COVID-19.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply