Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juni 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Awas! Bahaya Konsumsi Makanan Bersantan Berlebihan

Topcareer.id – Di bulan Ramadan sejak awal hingga hari raya Idul Fitri, banyak sekali makanan bersantan yang sulit untuk kamu tolak.

Misalnya, kolak pisang, biji salak, es pisang hijau, opor ayam, rendang daging, sampai gulai kambing yang semuanya sarat akan santan.

Sekalipun menggugah selera, kamu harus tetap menahan diri kamu untuk tidak berlebihan mengonsumsi ragam makanan yang mengandung santan tersebut.

Sebab, bahan yang terkandung dalam santan dapat menimbulkan efek buruk jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Berikut ini beberapa bahayanya jika kamu terlalu banyak makan makanan bersantan:

Menyebabkan sembelit
Apakah kamu pernah mengalami diare setelah mengonsumsi makanan atau minuman bersantan?

Yap, serat yang tinggi dalam santan bisa membuat perutmu kaget sehingga bereaksi terhadap pencernaan kamu.

Ketika perut kamu tidak kuat menghadapi gempuran santan yang bertubi-tubi, maka sistem pencernaan kamu akan terganggu dengan diare misalnya.

Kolesterol
Sudah tahu belum, apa saja yang terkandung dalam secangkir santan?

Ternyata hanya secangkir santan saja sudah mengandung sebanyak 40 gram lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu.

Jeni s lemak jenuh inilah yang seringkali membuat seseorang terkena kolesterol tinggi dalam tubuh yang bisa memicu beragam penyakit berat.

Baca juga: Banyak Makan Santan Saat Lebaran? Netralisir dengan Makanan Ini

Berat badan naik secara signifikan
Tanpa kamu sadari, kandungan lemak jenuh dan kalori yang tinggi dari makanan bersantan dapat membuat angka timbangan kamu naik.

Jadi, bagi kamu yang masih mau memiliki bentuk tubuh ideal, pastikan mengurangi asupan makanan bersantan saat hari raya nanti.

Stroke ringan
Mengonsumsi santan secara terus menerus akan membuat lemak jahat mengendap, serta mengakibatkan penyumbatan aliran darah dan pembuluh arteri.

Untuk mengatasinya kamu harus memastikan diri cukup mengonsumsi air mineral, karena stroke ringan bisa saja terjadi akibat terlalu banyak makan makanan yang bersantan.

Nah, itu dia beberapa bahaya yang sangat mungkin terjadi saat kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan terutama saat idul fitri.

Bukan berarti kamu tidak boleh makan enak saat hari raya, tentu saja boleh. Namun, tetaplah terkontrol dan jaga kesehatanmu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan