Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Biar UKM Makin Cuan, Google dan Kemenkop Buka Berbagai Macam Pelatihan

Program pelatihan Google dan Kemenkop UKM untuk mendukung UKM go digital.Program pelatihan Google dan Kemenkop UKM untuk mendukung UKM go digital. (source: Google Indonesia)

Topcareer.id – Google bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) meluncurkan program untuk melatih usaha kecil di sepuluh provinsi di Indonesia. Selama enam bulan ke depan, UKM yang bernaung di bawah Kemenkop dapat mendaftar dan mengikuti berbagai macam pelatihan.

Program yang diperkirakan akan berjalan hingga akhir tahun 2022 ini, akan memberikan pelatihan yang dilakukan secara offline serta berbagai modul pelatihan yang disusun berdasarkan program Grow with Google, atau biasa disebut GWG.

“Pada Hari UMKM Nasional 2022 ini, senang rasanya kami dapat memperluas program pelatihan kami ke wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan beberapa provinsi lainnya,” kata Putri Alam, Director of Government Relations and Public Policy di Google Indonesia dalam siaran pers dikutip dari laman resmi Google Indonesia, Kamis (11/8/2022).

“Kami memahami kebutuhan usaha kecil di sana untuk mencari pelanggan dan akan bekerja sama dengan Kemenkop untuk membantu ribuan usaha kecil beralih ke online dan siap menyongsong era perdagangan di masa depan,” ujarnya.

Selama enam bulan ke depan, UKM yang bernaung di bawah Kemenkop dapat mengikuti pelatihan strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan eCommerce, cara agar tetap aman saat online, dan cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Lagi-Lagi Mirip Aplikasi Media Sosial Lain

Dengan program ini, diharapkan dapat mewujudukan target Kemenkop untuk mendigitalkan 30 juta UKM di Indonesia hingga tahun 2024.

“Melalui inisiatif kolaborasi bersama Google, kami berupaya untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi, UMKM, dan wirausaha melalui program #BerubahDigital di 10 provinsi di Indonesia agar menemukan lebih banyak pelanggan di dalam negeri dan bahkan hingga ke Asia Tenggara,” ucap Siti Azizah, Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM.

“Kemenkop UKM berkomitmen untuk membantu lebih banyak UMKM go digital dengan memperkuat perwujudan wirausaha yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan. Kami berharap melalui kegiatan seperti Grow with Google, dapat mempercepat pemulihan ekonomi kita dan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan,” jelas Siti Azizah.

Sejak tahun 2015, Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian, antara lain melatih UKM di wilayah Indonesia Timur (bersama Kemendag), UKM yang berfokus di sektor pariwisata (bersama Kemenpar), UKM yang berorientasi ekspor (bersama Kemenperin), dan Digital Entrepreneurship Academy (bersama Kemenkominfo).

Tinggalkan Balasan