Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 2, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kriteria Rumah Tangga Penerima Rice Cooker Gratis dari Pemerintah

Ilustrasi rice cooker gratis.Ilustrasi rice cooker gratis. (source: iStock)

Topcareer.id – Melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 Tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga, Pemerintah akan memberikan rice cooker atau alat masak berbasis listrik (AML) gratis kepada masyarakat yang memenuhi kriteria.

Menurut Permen ESDM itu, Pemberian rice cooker atau AML gratis itu hanya dilakukan satu kali dan secara gratis dan penerima dihharap tidak memperjualbelikan dan/atau memindahtangankan AML kepada pihak lain.

“Pemberian AML secara gratis hanya dilakukan 1 (satu) kali untuk setiap penerima AML,” tulis Permen ESDM Nomor 11 Tahun 2023 pada Pasal 12, dikutip Senin (9/10/2023).

Berikut ini sejumlah kriteria rumah tangga yang berhak menerima rice cooker gratis dari pemerintah:

Baca juga: BMKG Sebut Hujan Baru Mulai Turun Pada November

1. Pelanggan PT PLN (Persero) atau PT PLN Batam dengan ketentuan:

a. Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 450 (empat ratus lima puluh) volt-ampere (R-l/TR);
b. Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 900 (sembilan ratus) volt-ampere dan 900 (Sembilan ratus) volt-ampere RTM (R-l/TR); atau
c. Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 1.300 (seribu tiga ratus) volt-ampere (R-l/TR), yang berdomisili di daerah yang tersedia jaringan tenaga listrik tegangan rendah yang memperoleh pasokan listrik selama 24 (dua puluh empat) jam per hari; dan

2. Merupakan rumah tangga yang tidak memiliki AML.

Lebih lanjut kriteria calon penerima AML sebagaimana dimaksud diusulkan berdasarkan validasi kepala desa/lurah setempat atau pejabat yang setingkat.

Sejumlah pertimbangan pemerintah menyediakan rice cooker gratis pada masyarakat ini, di antaranya untuk menjamin akses energi bersih yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan, mengurangi impor liquefied petroleum gas yang digunakan untuk memasak, dan meningkatkan konsumsi listrik per kapita.

Selain itu juga perlu meningkatkan penggunaan teknologi memasak yang lebih bersih; bahwa untuk mendukung peningkatan penggunaan teknologi memasak yang lebih bersih, perlu menyediakan alat memasak berbasis listrik bagi rumah tangga yang memenuhi kriteria tertentu.

Leave a Reply