Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Mahasiswa Merapat! Cek Tips Biar Lebih Produktif di Kampus

Ilustrasi jurusan kuliah yang banyak disesalkan - college.Ilustrasi jurusan kuliah yang banyak disesalkan - college.(Dok. Niche)

Topcareer.id – Mahasiswa lama belum tentu menjadi mahasiswa produktif, begitu juga mahasiswa baru. Untuk menjadi mahasiswa produktif tentu dibutuhkan tingkat kedisiplinan tinggi, apalagi saat menghadapi tantangan.

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Khoirul Anam berbagi tips yang bisa membantu mahasiswa agar lebih produktif.

1. Menyusun jadwal kegiatan

Khoirul Anam menyampaikan, membuat jadwal harian atau mingguan yang berisi waktu untuk kelas, belajar, mengerjakan tugas, aktif di organisasi dan istirahat akan sangat membantu mengatur waktu agar lebih efisien dan dapat meningkatkan kinerja akademik maupun non akademik yang dimiliki.

2. Memilih prioritas

Untuk yang baru bergabung dalam universitas, tentu seseorang akan hectic dengan berbagai kegiatan perkualiahan.

“Jadi, kita harus mengidentifikasi kegiatan atau tugas mana yang paling penting dan mendesak. Hal ini dapat membuat kita lebih fokus saat menjalani berbagai kegiatan akadmeik maupun non akademik,” kata Khoirul dikutip dari rilis berita laman resmi UM Surabaya, Senin (16/10/2023).

Baca juga: Siap-Siap, Beasiswa Indonesia Maju Dibuka Oktober Ini

3. Menetapkan tujuan

Menurutnya, memiliki tujuan akademik dan tujuan pribadi dalam jangka panjang maupun jangka pendek akan memperjelas kegiatan yang dilakukan mahasiswa ke depan. Selain itu, menetapkan tujuan yang jelas akan meningkatkan motivasi dan etos yang kita miliki secara continue.

4. Mengembangkan minat bakat melalui organisasi

Mengikuti aktivitas di luar kelas dapat memperluas jaringan sosial dan meningkatkan keterampilan dasar seseorang. Khoirul menegaskan, mahasiswa harus bijak dalam memilih organisasi agar seseorang dapat mengembangkan potensi dan soft skill yang dimiliki.

Di akhir keterangannya ia menegaskan, beberapa tips di atas, dapat dilakukan agar tidak burnout dengan berbagai kegiatan di kampus.

“Perlu diingat, menjadi mahasiswa baru atau lama yang produktif merupakan proses belajar yang berkelanjutan. Sikap komitmen, kedisiplinan dan penyesuaian yang tepat akan memberikan dampak yang baik dalam studi yang sedang dijalani,” tandas Khoirul.

Leave a Reply