Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Kaya Raya Seperti Jeff Bezos? Tidurlah 8 Jam Sehari

Topcareer.id – CEO Amazon, Jeff Bezos mengungkapkan rutinitas hariannya dan bagaimana dia mengambil keputusan yang mungkin layak diperhatikan, mengingat dia adalah orang terkaya nomer satu di dunia.

Bezos memberikan ikhtisar tentang kesehariannya dalam bukunya, Invent & Wander. Satu hal yang menarik untuk dicatat adalah pentingnya tidur. Sebagai seorang pria dengan banyak hal dalam hidup sehari-harinya, kamu mungkin berpikir dia akan terus-menerus ngopi espresso dan melakukan power-naps.

Faktanya Bezos justru memastikan dirinya mendapat cukup tidur malam 8 jam dengan tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Menurutnya, tidur yang cukup berdampak kritis pada setiap pengambilan keputusannya.

Baca Juga: CEO Twitter: Orang Sukses Harus Bekerja 20 Jam Sehari Layaknya Elon Musk adalah Omong Kosong

Dalam kutipan dari buku tersebut, pria berusia 56 tahun itu menulis: “Saya memprioritaskan tidur kecuali saya bepergian di zona waktu yang berbeda. Terkadang mendapatkan tidur delapan jam tidak mungkin, tetapi saya sangat fokus pada hal itu, dan saya membutuhkan delapan jam. Agar saya dapat berpikir lebih baik, memiliki lebih banyak energi, dan suasana hati yang lebih baik.”

Menurut Bezos, kualitas lebih penting daripada kuantitas dalam pengambilan keputusan bisnis. Dan tidur yang cukup selama delapan jam setiap malam bisa membantu mencapai kualitas.

Hal lain yang menurut mega miliarder sangat penting dalam hal ini adalah menguraikan keputusan seperti apa yang sedang dibuat.

Dia menjelaskan bahwa ada dua jenis keputusan. Ada keputusan yang tidak dapat diubah dan sangat penting; kami menyebutnya pintu satu arah, atau keputusan Tipe 2. Keputusan tersebut harus dibuat secara perlahan dan hati-hati.

“Ketika ada keputusan yang perlu dibuat, Anda perlu bertanya, ‘Apakah itu pintu satu arah atau pintu dua arah?’. Jika itu pintu dua arah, buat keputusan dengan tim kecil atau bahkan satu individu dengan penilaian tinggi.” Jelas Bezos.

“Buatlah keputusan. Jika salah, ya itu memang salah. Anda harus mengubahnya. Tetapi jika itu adalah pintu satu arah, analisislah dengan lima cara berbeda. Hati-hati, karena di situlah bergerak lambat bisa memuluskan jalan, dan jalan yang mulus itu bisa mempercepat pengambilan keputusan.” Ujar Bzos.

Namun, di samping semua pengambilan keputusan berisiko tinggi yang harus dihadapi Bezos setiap harinya, ia masih menyediakan waktu untuk bersantai.

Dia berkata: “Saya suka bersantai di pagi hari. Saya bangun pagi. Saya tidur lebih awal. Saya suka membaca koran. Saya suka kopi. Saya suka sarapan dengan anak-anak saya sebelum mereka pergi ke sekolah. Jadi waktu bersantai sangat penting bagi saya.”**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply