Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

4 Alasan WFH Sebabkan Karyawan Tidak Produktif

Ilustrasi. (dok. Small Business Trends)

Topcareer.id – Di tengah pandemi virus corona, banyak perusahaan menerapkan kebijakan working from home (WFH) bagi para karyawannya. Para pengusaha juga bisa memanfaatkan momen WFH ini untuk menghemat biaya kantor.

WFH terdengar menyenangkan dan terlihat sangat fleksibel untuk mencapai produktivitas optimal. Namun di balik itu WFH juga bisa mengakibatkan kamu justru tidak produktif jika tidak bisa mengatur fleksibilitas yang didapat.

Dikutip dari Corporatesuites.com, bekerja dari rumah dapat menjadi tidak produktif karena hal berikut ini:

Gangguan
Akan ada daftar panjang gangguan yang mungkin terjadi saat kamu WFH. Anak-anak adalah nomor satu dalam daftar gangguan, diikuti oleh gangguan dari pasangan, hewan peliharaanan, hingga tetangga yang datang berkunjung tanpa tahu waktu.

Baca juga: Usai Pandemi, Perusahaan Bisa Lebih Adil pada Pekerja Perempuan

Bagi kebanyakan orang, ini menjadi hal yang membuat frustrasi. Para freelancer yang berpengalaman biasa bekerja di luar kantor seperti di kafe juga menemukan gangguan dalam bentuk pelanggan yang bising. Ditambah lagi saat WFH, bagi yang masih lajang rasa kesepian bisa sangat mengganggu, mereka cenderung menemukan bahwa lingkungan bekerja di rumah sepenuhnya terlalu sunyi.

Kurangnya networking dan dukungan rekan kerja
Salah satu jebakan dan kekhawatiran manajemen tentang memberi wewenang kepada karyawan mereka untuk WFH adalah kurangnya upaya tim dalam hal saling mendukung saat WFH. Jika di kantor, berada di sekitar rekan kerja lain yang sibuk bisa menambah motivasi.

Berbeda jika WFH, tidak ada motivasi untuk bersaing. Tidak ada perasaan pencapaian yang didapat dari menjadi pemain tim dan berbagi dalam kesuksesan perusahaan dengan rekan kerja. Kondisi seperti ini secara psikologis bisa membuat seseorang jadi malas bekerja.

Baca juga: Survei: Saat Pandemi Perempuan Miliki Jam Kerja Lebih Banyak

Kurangnya fasilitas dan peralatan yang memadai
Kurangnya semua alat produktivitas yang ditawarkan kepada karyawan di lingkungan kantor standar dapat menjadi faktor yang menyebabkan ketidakproduktifan dalam lingkungan kantor rumah. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang jika bisa bekerja dari luar kantor memilih coworking space yang bisa menawarkan lingkungan kerja bersama dengan semua fasilitas kantor seperti wi-fi berkecepatan tinggi, mesin fotokopi, dan lounge.

WFH juga tidak jauh dari pemborosan, salah satu penyeabnya adalah tidak ada fasilitas wi-fi gratis membuat karyawan yang WFH mau tidak mau mengeluarkan modal sendiri untuk jaringan internetnya. Sadar akan pengeluaran yang justru membengkak, biasanya menurunkan motivasi kerja karyawan.

Baca juga: Busana Ini Akan Buat Kamu Gagal Saat Wawancara Kerja Lewat Video

Potensi kurangnya manajemen diri yang baik
Seseorang cenderung kehilangan keunggulan kompetitifnya ketika dibiarkan keluar dari lingkaran perlombaan. Politik kantor dan kompetisi untuk promosi yang biasanya meningkatkan ambisi, bisa hilang saat bekerja sendirian di rumah.

Persaingan bisa menjadi hal yang sehat ketika diletakkan dalam perspektif yang benar. Artinya, orang malas akan kehilangan keunggulan. Selain itu, ancaman terbesar untuk menjadi bos bagi diri sendiri saat WFH adalah menjadi terlena dalam dunia kecil sendiri di rumah. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply