Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Sosok

Di Balik Sukses Hewlett-Packard di Industri IT Dunia

Produk pertama mereka adalah osilator audio presisi, Model HP200A. Itu murah dan efisien, dan menjadi salah satu produk paling sukses, secara komersial. Ini digunakan oleh Walt Disney Productions, untuk film Fantasia, dalam sertifikasi sistem suara surround Fantasound yang dipasang di bioskop.

Pada tahun 1957, perusahaan go public dalam penawaran umum perdana. Pada 1960-an, Hewlett-Packard mulai memproduksi perangkat semikonduktor untuk instrumen dan kalkulator.

Baca Juga: Tak Bisa Jauh dari HP? Jangan-jangan Kamu Idap Nomophobia

HP terus berkembang, pada tahun 1966, perusahaan memasuki bisnis manufaktur komputer baru dan meluncurkan desain minicomputer seri HP 2100 / HP 1000 berbasis akumulator, diikuti oleh HP 9800 dan HP 250 series komputer desktop dan bisnis.

Selanjutnya pada tahun 1970-an perusahaan mulai memproduksi komputer bisnis canggih, yaitu komputer HP 3000 stacked-based.

Pada dekade yang sama, perusahaan memproduksi kalkulator scientific genggam pertama di dunia HP-35, HP-65, HP-41C alfanumerik, serta kalkulator grafik HP-28C.

Barulah pada tahun 1980-an, Hewlett-Packard memperluas bisnisnya untuk membangun model printer dan scanner untuk komputer desktop. Seolah tidak puas pada apa yang telah mereka ciptakan, pada 1989 HP mengakuisisi Apollo Computer dan pada 1995 mengakuisisi Convex Computers.

Hingga 1 November 2016, perusahaan secara resmi dibagi menjadi dua entitas: Hewlett Packard Enterprise dan HP Inc. Bagian Enterprise dari bisnis ini akan fokus pada perangkat lunak dan layanan bisnis.

HP Inc akan menjadi rumah baru dari bisnis komputer perusahaan yang mana dianggap sebagai produsen komputer paling sukses di dunia.

Sayangnya dalam beberapa tahun terakhir, kehebatan Hewlett-Packard telah memudar. Perpecahan telah direkayasa untuk menghidupkan kembali bisnis yang menjadi kurang kompetitif. Pendiri perusahaan tidak akan pernah tahu: Bill Hewlett meninggal tahun 2001 pada usia 87 tahun dan Dave Packard meninggal tahun 1996 pada usia 83 tahun.

Hewlett-Packard masih memiliki satu monumen untuk mengenang hari-hari awalnya sebagai perusahaan berbadan hukum. Garasi tempat Hewlett dan Packard memulai perusahaan telah ditetapkan sebagai landmark di California.

Meskipun perusahaan telah melalui banyak pasang surut selama perjalanan panjangnya, sejarah luas HP telah memperkenalkan dunia dengan banyak penemuan besar. Perusahaan juga mendapatkan kredit untuk banyak hak paten dan akan terus dikenal karena kontribusinya terhadap industri IT di dunia.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply