Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Komunitas

Mengenal Lebih Dekat Yayasan Laskar Aferesis Berbagi

Topcareer.id – Yayasan Laskar Aferesis Berbagi (YLAB) didirikan karena rasa kepedulian terhadap pasokan trombosit yang amat dibutuhkan oleh para penderita kanker khususnya anak-anak.

“Berawal pada awal tahun 2016 salah seorang pasien leukimia di Rumah Sakit Kanker Dharmais bernama Talulla Naura Jannah K mengalami kesulitan memperoleh transfusi trombosit untuknya sebagai pasien kanker.”jelas Kepala Divisi Komunikasi dan Informasi YLAB, Mila Rahmania kepada Topcareer.id, Kamis (24/9/2020).

Mila menjelaskan permintaan transfusi khususnya untuk pasien kanker anak selalu tinggi dan seringkali tidak terpenuhi karena tidak tersedianya pendonor. Hal ini menyebabkan pasien yang membutuhkan transfusi harus menunggu lama hingga keesokan harinya.

Baca Juga: Misi Mulia Yayasan Laskar Aferesis Berbagi, Penjaga Pasokan Trombosit di Indonesia

Saat itu Zulyan Jalal K yang merupakan papa dari Talulla mencari sumbangan darah dari keluarga, teman, lewat sosial media dan radio untuk memenuhi kebutuhan transfusi trombosit Talulla.

Beruntungnya Talulla tinggal di Jakarta, sehingga Zulyan memiliki banyak kerabat dan menemukan banyak pendonor sukarela melalui sosial media.

“Pengalaman ini membuat hati Zulyan tergerak untuk memikirkan bagaimana nasib keluarga pasien lainnya yang tidak seberuntung anaknya. Padahal transfusi sangat dibutuhkan oleh pasien kanker dengan jumlah trombosit rendah.”lanjut Mila.

Berangkat dari keresahan ini Zulyan pun mengumpulkan beberapa orangtua pasien lain dan mulai giat mencari pendonor sukarela untuk memenuhi kebutuhan transfusi trombosit para pasien kanker anak di RSK Dharmais.

Hingga tahun 2017, para orangtua pasien berhasil mencari 200 orang pendonor trombosit sukarela yang berdonor secara rutin di RSK Dharmais. Kemudian Zulyan pun berinisiatif untuk membentuk sebuah komunitas pendonor trombosit sukarela dengan nama Apheresis Squad.

Pada tanggal 10 Desember 2017 di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah, diadakan pertemuan perdana para pendonor trombosit sukarela dengan nama acara “KOPDAR AFERESIS 2017”. Berlanjut ke tahun 2018, jumlah pendonor trombosit sukarela semakin banyak. Acara “Kopdar Aferesis 2018” pun digelar di Villa Pleasant Hill, Lembang. Pada pertemuan tersebut, para peserta setuju untuk mengukuhkan komunitas Apheresis Squad menjadi sebuah yayasan sosial.

YLAB resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham sebagai yayasan sosial pertama di Indonesia yang bergerak di bidang donor darah pada 18 Maret 2019. YLAB mulai menjalin kerjasama dengan PMI Kota Depok untuk memenuhi kebutuhan trombosit di Kota Depok.

Pada bulan Februari 2020, YLAB secara resmi telah menjadi mitra Rumah Sakit Kanker Dharmais ditandai dengan ditandatanganinya MoU oleh kedua belah pihak.

Hingga sekarang tahun 2020, YLAB telah memiliki lebih dari 400 orang pendonor trombosit sukarela serta bermitra dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais, PMI Tanggerang, PMI Tanggerang Selatan, PMI Depok, Transmedic, Fresenius Kabi, Optia, Abhimata Manunggal dan Guesehat.com.

“Kami hadir untuk membantu memastikan bahwa pasokan trombosit aman dan memadai untuk semua yang membutuhkannya di Indonesia. Misi kami adalah untuk meningkatkan ketersediaan transfusi trombosit dan mendidik komunitas lokal kami tentang pentingnya donasi platelet atau trombosit.”pungkasnya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply